Minggu, 30 Agustus 2009

PESAN-PESAN RAMADHAN

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Limpahan Puji ke hadirat Allah Maha Raja langit dan bumi, Maha tunggal menguasai kerajaan alam semesta, Maha menciptakan jagad raya dari tiada, Maha menjadikan bumi dan lautan dari tiada, Maha menjadikan daratan, hewan dan tumbuhan dari tiada, Dialah ALLAH Yang Maha Pengasuh alam semesta sepanjang waktu dan saat, Maha menentukan nafas hamba – hambaNya, Maha mensucikan jiwa hamba – hambaNya dengan pemikiran yang suci jika mereka mau berfikir, hingga segala apapun yang mereka pelajari di alam, mereka akan menemukan keagungan nama yang maha sempurna, bahwa alam semesta ini ada penciptanya yang maha sempurna .


عن أبي هريرة رضي الله عنه عن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال إن الله تبارك وتعالى يقول :
كل عمل ابن ادم له إلا الصيام فإنه لى وأنا الذى أجزى به - والصيام جنة وإذا كان يوم صوم احدكم فلا يرفث ولا يصخب وإن سابه احد أو قاتله فليقل أنى امرؤ صائم - والذى نفس محمد بيده لخلوف فم الصائم أطيب عند الله من ريح المسك وللصيام فرحتان يفرحهما إذا أفطر فرح بفطره وإذا لقى ربه فرح بصومه (رواه الشيخان والنسائ وابن ماجه )

Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu: Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassalam bersabda:"Allah berfirman:' Semua amalan anak cucu Adam untuknya kecuali puasa , karena puasa itu untukku dan Aku akan membalasnya'. Puasa adalah perisai, jika salah seorang dari kalian berpuasa maka janganlah berkata keji dan berteriak-teriak, jika ada orang yang mencerca dan mengganggunya , maka katakanlah :" bahwa Aku sedang berpuasa", demi Dzat yang jiwa Muhammad di tangan-Nya sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah daripada bau misk. Orang yang berpuasa mempunyai dua kegembiraan, jika berbuka dia bergembira dan jika bertemu Rabbnya dia bergembira karena puasa yang dilakukannya." (HR. Bukhari, Muslim, annasa'i. Ibnu majah)

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

كل عمل ابن ادم يضاعف الحسنة بعشر أمثالها إلى سبعمائة ضعف - قال الله إلا الصوم فهو لى وأنا أجزى به - يدع شهوته وطعامه من أجلى - للصائم فرحتان - فرحة عند إفطاره وفرحة عند لقاء ربه ولخلوف فم الصائم أطيب عند الله من ريح المسك (رواه مسلم عن ابى هريرة)

"Semua amal perbuatan anak cucu Adam dilipatgandakan pahalanya dengan 10 kali lipat sampai 700 kali lipat. Allah berfirman : "Kecuali puasa, sbb puasa itu untuk-Ku dan Aku memberikan balasan kepadanya; Ia telah meninggalkan keinginan syahwat dan makan minum karena Aku". Orang berpuasa memperoleh dua kegembiraan, pertama kegembiraan ketika berbuka dan kedua kegembiraan ketika bertemu Allah. Dan sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi disisi Allah daripada wangi misk". (H.R. Muslim dari Abi Hurairah)

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم
رب صائم ليس له من صيامه إلا الجوع والعطش، ورب قائم ليس له من قيامه إلا السهر (رواه ابن ماجه عن أبى هريرة)

"Banyak orang berpuasa akan tetapi tidak mendapat bagian pahala melainkan hanyalah rasa lapar dan dahaga, serta banyak pula orang yang bangun malam akan tetapi tidak mendapat bagian pahala kecuali hanyalah kelelahan dan keletihan". (H.R. Ibnu Majah dari Abi Hurairah)

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

رغم عنف رجل دخل عليه رمضان فانسلخ قبل أن يغفر له

"Alangkah kecewa dan ruginya orang yang sejak masuk hingga habis bulan Ramadhan tidak mendapat ampunan dari Allah . Dan hanya kesia-sia'an yang di dapat , maka dari itu , jaga mulut jangan sampai sia-sia hanya karena di gunakan pada percakapan yang tak ada faedah, ngalur ngidul . Dan bla bla bla. . .

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : الصِّيَامُ جُنَّةٌ، فَلَا يَرْفُثْ، وَلَا يَجْهَلْ، وَإِنْ امْرُؤٌ قَاتَلَهُ، أَوْ شَاتَمَهُ، فَلْيَقُلْ إِنِّي صَائِمٌ، مَرَّتَيْنِ، وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ، لَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ، أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ تَعَالَى، مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ، يَتْرُكُ طَعَامَهُ، وَشَرَابَهُ، وَشَهْوَتَهُ، مِنْ أَجْلِي، الصِّيَامُ لِي، وَأَنَا أَجْزِي بِهِ، وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَ
(صحيح البخاري)
Rasulullah SAW bersabda :
“ Puasa adalah benteng penghalang, maka janganlah ia berucap dengam kalimat buruk, mencaci, dan menghina, jika ada yang mengganggunya atau mengumpatnya katakanlah aku puasa, aku puasa. Demi Allah yang diriku dalam genggaman-Nya, sunnguh aroma tidak sedap di mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada wangi misik, karena ia meninggalkan makanannya, minumannya, dan syahwatnya karena Aku (Allah SWT). Puasa adalah untuk-Ku, dan Aku yang membalasnya, dan setiap pahala dibalas 10 kali lipat darinya”. (Shahih Bukhari)

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : إِذَا دَخَلَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ جَهَنَّمَ وَسُلْسِلَتْ الشَّيَاطِينُ
(صحيح البخاري)
Rasulullah SAW bersabda :
“Jika masuk bulan Ramadhan, terbukalah pintu pintu sorga, tertutuplah pintu neraka, dan syaitan dibelenggu”. (Shahih Bukhari)

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

:تَسَحَّرُوْا فَإِنَّ فِي السَّحُوْرِ بَرَكَةً
(bersahurlah kalian karena sesungguhnya dalam sahur itu terdapat keberkahan);

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar