Minggu, 30 Agustus 2009

Kisah Keledai RUMI dan Manfaat Puasa bagi perkembangan Ruhani

Rasulullah bersabda :“Wahai manusia! Barangsiapa di antaramu memberi buka kepada orang-orang mu'min yang berpuasa di bulan ini, maka di sisi Allah nilainya sama dengan membebaskan seorang budak dan ia diberi ampunan atas dosa-dosa yang lalu, (Sahabat-sahabat bertanya: "Ya Rasulullah! Tidaklah kami semua mampu berbuat demikian." Rasulullah meneruskan:) jagalah dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan sebutir kurma atau seteguk air. Tuhan akan memberikan pahala yang sama kepada orang yang melakukan kebaikan yang kecil, karena tidak dapat melakukan kebaikan yang lebih besar. (HR. Bukhari-Muslim)
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Kisah Keledai RUMI dan Manfaat Puasa bagi perkembangan Ruhani
---------------------------------------------------------------------------------------------

Jalaluddin Rumi pernah bercerita tentang keledai yang terus-menerus mengeluh karena perutnya yang lapar.

Banyak manusia yang juga mengeluh karena lapar. Untuk keledai dan manusia seperti keledai, Rumi menggoreskan bait-bait puisinya dalam Matsnawi 5: 2829-2839:

Sekiranya tidak ada lapar, selain kegagalan pencernaan
Ratusan musibat lainnya akan muncul di permukaaan
Sungguh musibat lapar lebih baik dari semua musibat
Lapar melembutkan, meringankan, dan memudahkan taat

Musibat lapar lebih jernih dari semua musibat
Di dalamnya ada ratusan faidah dan manfaat

Lapar itu raja segala obat, dengarkan
Simpan lapar dalam hatimu, jangan kauhinakan

Karena lapar, menjadi manis semua yang tak enak
Kalau tak lapar semua yang manis terasa apak

Seseorang makan roti yang bulukan
Orang tanya: Mengapa yang seperti ini kaumakan

Ia menjawab: ketika lapar bertambah karena puasa
Aku pikir roti kasar lebih manis dari halwa

Sebenarnya tidak semua orang dalam lapar bisa bertahan
Karena di dunia makanan datang berlimpahan

Lapar hanya anugrah Tuhan bagi orang istimewa
Dengan lapar mereka menjadi singa yang berwibawa

Mana mungkin lapar diberikan kepada setiap gelandangan
Karena di hadapan matanya teronggok banyak makanan


Menurut Rumi, dalam lapar ada ratusan faidah dan manfaat. Selain menyehatkan secara fisik, lapar juga menyembuhkan penyakit-penyakit jiwa dan membersihkan kotoran-kotoran batin.


Ratusan tahun yang lalu, Al-Ghazali dengan sangat mengagumkan menunjukkan ketiga manfaat itu –fisik, psikologis, dan spiritual. Secara fisik, kata Al-Ghazali, puasa menyehatkan tubuh dan menolak penyakit. Pernyataan Al-Ghazali ini, yang didasarkan pada sabda Nabi saw, dibuktikan dalam kedokteran modern.

Hasil penelitian mutakhir tentang manfaat puasa bagi kesehatan. Manfaat pertama puasa ialah membersihkan tubuh dari racun. Puasa adalah teknik detoksifikasi yang paling murah dan paling efektif. Detoksifikasi ialah proses mengeluarkan atau menetralkan racun dalam tubuh (toksin) melalui usus, hati, ginjal, paru-paru, dan kulit.

Bukan hanya racun yang terbentuk karena kelebihan makanan, tetapi juga racun yang diserap dari lingkungan. Seorang dokter yang menganjurkan puasa mengetes urin, feces, dan keringatnya pada waktu puasa. Ia menemukan “jejak-jejak” DDT yang diserap dari lingkungan. Manfaat kedua puasa ialah menjalankan proses penyembuhan alami. Ketika puasa enerzi untuk mencerna makanan dialihkan ke metabolisme dan sistem imun. Pada saat yang sama, dalam tubuh kita terjadi sintesis protein yang sangat efisien dan memungkinkan tumbuhnya sel-sel dan organ-organ yang lebih sehat.

Karena produksi protein yang lebih efisien, tingkat metabolis yang lebih lambat, dan sistem imun yang lebih baik, orang yang berpuasa memperoleh manfaat yang ketiga: awet muda dan panjang usia. HGH atau the Human Growth Hormone (hormon untuk pertumbuhan manusia) dikeluarkan lebih sering dalam keadaan berpuasa. Dalam sebuah eksperimen cacing tanah diisolasi dan ditempatkan dalam siklus puasa dan tidak puasa –semacam satu harti puasa satu hari buka. Cacing itu terbukti bertahan hidup sampai 19 generasi dengan karakteristik tubuh yang tetap muda. Ini berarti telah terjadi perpanjangan hidup cacing yang setara dengan perpanjangan umur manusia sampai 600 atau 700 tahun.

Secara psikologis, menurut Al-Ghazali, kebiasaan melaparkan diri berfaidah untuk mengurangi mu’nah, atau dengan istilah mutakhir, menyembuhkan penyakit kosumerisme. Orang yang terbiasa makan sedikit akan puas dengan kehidupan yang sederhana. Dari kebersahajaan dalam makanan, ia akan melanjutkannya ke dalam kebersahajaan dalam pakaian, rumah, kendaraan, dan hajat-hajat hidup lainnya. Sudah terbukti secara ilmiah, tetapi tetap saja tidak dipercayai orang, bahwa orang yang hidup sederhana hidup jauh lebih bahagia dari orang yang hidup mewah. Al-Ghazali menulis hampir 900 tahun yang lalu seperti para ahli psikologi positif pada abad ini:

“Secara singkat, penyebab kehancuran manusia ialah kerakusannya akan kesenangan dunia. Kerakusan dunia disebabkan oleh syahwat farji dan syahwat perut. Dengan mengurangi makan, kita menutup pintu neraka dan membuka pintu surga, sebagaimana disabdakan Nabi saw: Biasakan mengetuk pintu surga dengan lapar. Jika orang sudah merasa cukup dengan makan sekedarnya, ia juga akan merasa cukup dengan keinginan-keinginan yang sekedarnya juga. Ia akan merdeka dan mandiri. Ia akan hidup tentram. Ia akan mempunyai waktu lebih banyak untuk beribadat dan berdagang untuk hari akhirat. Ia akan termasuk orang yang perdagangan dan jual beli tidak melalaikannya dari berzikir kepada Allah”

Allah SWT berfirman dalam surat ke 24 - Al-Nur ayat 36-38) :”Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang, laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingati Allah, dan (dari) mendirikan sembahyang, dan (dari) membayarkan zakat. Mereka takut kepada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang. (Meraka mengerjakan yang demikian itu) supaya Allah memberikan balasan kepada mereka (dengan balasan) yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan, dan supaya ALlah menambah karunia-Nya kepada mereka. Dan Allah memberi rezki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa batas.” (Surat 24 - Al-Nur ayat 35-38)

Bersamaan dengan kebiasaan hidup bersahaja, kita mempunyai peluang untuk memberikan kelebihan harta buat membantu kaum lemah – fakir miskin dan anak-anak yatim. Semua agama sepakat. Kita hanya dapat mendekati Tuhan dan menyempurnakan perjalanan ruhaniah kita dengan memberi, dengan berbagi, dengan berkhidmat kepada sesama.

Pada satu sisi lapar mendorong perbuatan baik. Pada sisi lain lapar mematikan keinginan untuk berbuat maksiat dan mengalahkan nafsu amarah (diri yang memerintahkan keburukan).

Dalam keadaan kenyang, kita punya kekuatan untuk melakukan kemaksiatan. Makan dan minum adalah bensin yang menggerakkan mobil hawa nafsu kita. Kata Al-Ghazali, kenyang dapat menggerakkan dua syahwat (keinginan) yang berbahaya: syahwat farji dan syahwat bicara. Pada saat yang sama perut yang lapar dapat mendorong kita untuk mengurangi tidur dan membiasakan jaga. Kurang tidur sering dipraktekkan orang untuk mempertajam pengalaman ruhaniah. Dengan perut yang lapat kita mudah bangun tengah malam. Dahulu, kalau para guru sufi menyajikan makanan untuk para muridnya, mereka berkata: Jangan berikan ilmu kepada perut-perut yang kenyang, karena mereka akan mengubahnya menjadi mimpi. Jangan berikan sajadah kepada mereka, karena mereka akan mengubahnya menjadi kasur.

Jadi lapar secara ruhaniah memudahkan menjalankan ibadah. Untuk makan dan mempersiapkan makan kita memerlukan waktu. Waktu adalah anugrah Tuhan yang sangat berharga. Jika perhatian kita terpusat pada makanan, kita akan menghabiskan waktu untuk mencari tempat makan, menunggu makanan terhidang, dan menikmati makanannya.

Perhatikan ketika kita berpuasa. Pada waktu pagi, kita bisa pergi ke kantor dengan segera tanpa harus makan pagi lebih dahulu. Pada waktu istirahat tengah hari, kita bisa melanjutkan kerja atau membaca Al-Quran, karena kita tidak keluar untuk makan siang. Abu Sulayman al-Darani berkata: Dalam keadaan kenyang masuk ke dalam diri kita enam penyakit : hilangnya kelezatan munajat, berkurangnya kemampuan menyimpan hikmat, memudarnya empati pada penderitaan rakyat, beratnya tubuh untuk melakukan ibadat, bertambahnya gelora syahwat, dan ketika kaum mukmin bolak-balik ke masjid, mereka bolak balik ke toilet. Wallahualam bissowab – Fikri Yatir

----------------------------------------------------------------------------------------------

Mahabenar Allah, yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana - Semoga bermanfaat
Billahit taufiq wal hidayah
Wassalamualaikum wr.wb
IpeHa
E-MAIL : imamph@ptppa.com

"Utamakan SELAMAT dan SEHAT untuk duniamu, Utamakan AKHLAK, SHOLAT dan ZAKAT untuk akhiratmu"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar