Minggu, 30 Agustus 2009

Jangan Buru-Buru..

م


by: muhammad miftachurrohman



Buru-buru, tergesa-gesa, cepet-cepet ato apalah itu namanya.. bisa membuat kita salah langkah..

" Tergesa-gesa itu perbuatan atau langkah setan " begitu pesan Hatim al-Asham Rahimatullah.

emang sich.., buru-buru itu ga baik, kenapa? karena biasanya orang yang buru-buru itu tidak bisa menata dirinya, ia lebih sering 'lost control' hilang kendali daripada tertib. dalam melakukan sesuatu ada kalanya ia akan banyak yang tercecer, lupa ato pun terluka.. selain itu yang ia hasilkan pun kurang sempurna. coba peratiin dech.., orang-orang yang gugup n' buru-buru. kita insyaAllah bisa mengambil manfaat dari setiap kejadian itu. tujuannya dah pasti biar kita ga jadi orang yang buru-buru.

( terus gimana muh.., biar aku ga jadi orang yang buru-buru... )
nah! orang yang buru-buru itu karena ia kurang tertib dalam menata hati dan pikiran.. nah! biar kita menjadi orang yang tertib terus-teruslah hati kita berdzikirullah dan kita baca itu mushaf. jangan sampe hati lalai untuk terus mengingat-NYA. sekali saja kita lalai, niscaya setan akan mudah masuk ke dalamnya. hati-hati.. waspadalah! waspadalah! ^^


sholat fardhu lima waktu dalam sehari.. telah melatih kita untuk menjadi pribadi muslim yang tertib dan intelek. sebagai seorang muslim seharusnya kita ga pernah punya penyakit 'buru-buru', kenapa? karena kita sudah bersyahadat, setiap hari melakukan sholat fardhu lima waktu tepat waktu (insyaAllah), puasa, zakat dan haji (insyaAllah).. semua itu kita lakukan dengan tertib.. ga mungkin enggak... tul tidak? (Aa Gym : mode oN )

namun jangan salah lohh..., buru-buru itu ada juga yang dianjurkan, bahkan menjadi sunnah Rasulullah SAW. Nah! kita semua dah tau ntu kan...? yaitu,

# yang pertama; buru-buru menyuguhkan tamu hidangan..

jangan sampe tamu kita biarkan melongo.. bisa-bisa ntar ada laler masuk ke mulutnya bisa berabeh urusan ( ntu k'lo tamu niatnya baik.. k'lo tamu niatnya buruk kita hajar ajah dia... PLOK! he he he... ^^) selain ntu..

# kedua; buru-buru dalam menangani jenazah..,

muh kemarin yang lalu, kasian ngeliat jenazah michael jackson yang dibiarkan lama-lama dimakamkan.. heehhh.. biarlah yang lalu biarlah berlalu, semoga kita bisa mengambil hikmah dari peristiwa itu... insyaAllah..


# ketiga; buru-buru menikahkan anak perempuan ( ehemm! ) ntu k'lo dah baligh.. ma anaknya mw, k'lo belum mw jangan dipaksa... kita harus menghargai dan menghormati keputusannya itu.. okeh!! ( okeh dech... ) juga k'lo masih 'ijo' jangan ya.. kasian.. ^^

# yang keempat; apa ya.. oiya, bayar utang! nah! buat kamu2 yang masih punya utang buruan dech dibayar sebelum wafat... nah lho! he-eh..

# yang kelima; tobat.. nah! ini yang kadang-kadang kita masih pake 'tobat sambel' sekarang kita tobat besoknya kita ngelakuin lagi dosa yang sama.. ( hemmm.., ntu masih bagus muh daripada ga mw tobat-tobat ) tapi sob.. ntu namanya nt mempermainkan tobat.. muh akui muh juga kadang masih kayak gitu.. muh sampe saat ini masih belajar untuk tobat yang sebenarnya...

Yaa Allah Ar Rahman Ar Rahim bimbinglah aku.. Amiin...



( terus gimana muh.., sekiranya ana.. mungkin muh sendiri lagi jatuh cinta ma akhwat.. terus kita pengin ngungkapin ke akhwat itu.. apa ntu diperbolehkan buat buru-buru diungkapin.. )
hemm.. muh pernah ngalamin yang kayak gitu.. muh waktu ntu perasaannya legaaaaa banget.. kayak dah ga ada beban sama sekali.. yaaaach... muh ga tau diterima apa enggak yang penting muh dah ungkapin.. keputusan akhir terserah dia.. tapi ntu ternyata langkah yang keliru.., ( emang kenapa muh..? ) peratiin ini...

jatuh cinta yang berujung pada cinta... enggak termasuk dalam lima hal yang muh ketik di atas.. apalagi yang berujung pada nafsu... padahal lima hal yang muh ketik ntu sunnah Rasul.. b'arti buru-buru ngungkapin cinta bukan termasuk sunnah Rasul. bisa jadi ntu merupakan bagian dari langkah-langkah setan. nah lho!... terus.. terus..

maksudnya gini.., ntu merupakan langkah konyol yang hanya akan merugikan diri kita sendiri (b'arti muh konyol dong.. ) ^^.. udah ahhh.. muh lanjutin lagi ya... (okeh!)

misalnya gini..
ketika kita jatuh cinta pada akhwat, terus kita langsung ato paling enggak buru-buru say 'i love u' ato yang laen ke si dia hanya lantaran tiba-tiba naksir abiz aja.. ntu hanya akan berakhir sia-sia belaka..

padahal kita belum tau persis siapa dia, gimana sifatnya, orang baik ato enggak, mudah tersinggung ato enggak, waras ato enggak, en-es-te... ya wal hasil, kita bisa nyesel di ujung jantung.. karena yang kita inginkan ga ada pada dia. kita bisa-bisa malu setengah hati karena ternyata ia sudah punya suami..
misalnya.. kita bisa juga spontan pingsan karena ia banci mungkin.. " ngakunya Tessy ternyata Dedi " .



( tapi muh.. ana dah tau seluk beluk dia muh.. mulai dari ujung rambut ampe ujung sepatunya.. dari hatinya ampe keluarganya ana dah tau semuanya muh.. gimana dong!) hemm.. apa mungkin.. tapi k'lo betul, beruntung banget nt yach.. ada akhwat dah mw ngungkapin seluruh jati dirinya ke nt.. b'arti dia percaya ma nt.. menurut muh buruan aja nt khitbah dia terus zuad ma dia.. biar ga timbul fitnah berkepanjangan nantinya...

(muh.. tapi ana masih punya tanggungan keluarga yang belum selesai.. ana dapet amanah dari orangtua sebelum wafat.. ana musti nikahin adik-adik ana dulu.. gimana menurut muh? )
sobat muh yang muh cintai dan muh sayangi.. gini menurut muh nt laksanakan terlebih dahulu amanah dari ortu nt itu.. setelah semuanya selesai baru nt nerusin urusan nt.. soal akhwat itu mw nunggu ato enggak ntu urusan belakangan.. sekiranya ntu akhwat mw nunggu nt, syukur Alhamdulillah.. b'arti ntu akhwat emang setia ma nt.. nt perlu n'kudu memperjuangkannya.. tapi k'lo ntu akhwat ga mw nunggu.. ywdh nyari aja yang laen.. kita itu laki-laki sob.. kita harus bisa mendahulukan mana yang penting dan yang lebih penting.. jangan mw nt peduli ma akhwat terus mengabaikan amanah.. itu dosa! sob.. hati-hati.. okeh!

inget sob.. Allah SWT sudah berfirman bahwa bisa jadi kita membenci sesuatu, tetapi itu justru itu baik buat kita, dan bisa jadi pula kita mencintai (jatuh cinta pada) sesuatu, tapi justru tak baik buat kita ?!
inget baek-baek itu sob..

Nah!!! sekarang semakin jelas kan k'lo buru-buru ntu enggak baek.. apalagi dalam urusan 'love' or cinta. mulai saat ini, kita musti n'kudu hati-hati, sebab salah menjatuhkan cinta, urusannya bisa jadi berabeh.. tul enggak ?!

makanya.. jangan buru-buru... dalam hal cinta...

afwan.. ^^

semoga bermanfaat..
wassalam..



Tangerang, 31 agustus 2009 senin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar