Kamis, 27 Agustus 2009

EMPAT MANUSIA YANG MERUSAK AGAMA.. Wallahu'alam..//

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarakatuhu...
Bismillaahirrohmaanirrohiim

------------------
EMPAT MANUSIA YANG MERUSAK AGAMA

Berkata Muhammad bin Al-Fadhol Az-Zahid : “Rusaknya islam di tangan empat jenis manusia : pertama orang yang tidak mengamalkan ilmunya, kedua orang yang beramal dengan tanpa ilmu, ketiga orang yang tidak berilmu dan tidak beramal, keempat orang yang melarang orang lain mempelajari ilmu”(Miftah Daarus Sa’adah, karya Ibnul Qoyyim Al-Jauziyah : 1/490)
--------------------


SOMBONG YANG PALING BURUK

Al-Imam Syamsuddin Adz-Dzahaby rahimahullah Ta’ala berkata, “Kesombongan yang paling buruk adalah orang yang sombong kepada manusia dengan ilmunya dan merasa dirinya lebih mulia dengan kelebihannya. orang seperti ini tidak bermanfaat baginya ilmunya.

sesungguhnya barangsiapa yang menuntut ilmu untuk akhirat, ilmunya akan membuatnya tawadhu’, hatinya menjadi khusyu’ dan jiwanya menjadi tenang. dia akan senantiasa mawas diri tidak pernah melemah dari itu. bahkan ia menghisab diri setiap waktu.

jika ia melalaikan dirinya, ia akan menyimpang dari jalan yang lurus dan membinasakannya.

barangsiapa yang menuntut ilmu untuk kebanggaan dan memimpin, dan memandang rendah kaum muslimin, serta membodoh-bodohi. maka ini adalah kesombongan yang paling besar dan tidak masuk surga orang yang di hatinya ada sebesar biji dzarroh kesombongan .. Laa Haw Laa wa Laa Quwwata illa Billahi”. (dari Kitab Al-Kabair oleh Imam Adz-Dzahaby halaman 95 cetakan Daar Ibnu Katsir)


http://abuzubair.net/category/kata-kata-emas/

=========

Tidak ada komentar:

Posting Komentar