Minggu, 30 Agustus 2009

Fadhilah bulan ramadhan

Dari Salman r.a meriwayatkan pada hari terakhir bulan sya'ban Rosullah saw . berkhutbah kepada kami, wahai manusia kini telah dekat kepadamu satu bulan yang agung. bulan yang syarat dengan berkah . Yang di dalam nya terdapat satu malam yang lebih baik (nilainya) dari seribu malam . Ini lah bulan yang Allah swt. tetapkan shaum pada siang hari nya, dan sholat terawih pada malam hari nya sebagai sunnah . Barangsiapa ingin mendekatkan dirinya kepada Allah pada bulan ini dengan suatu amalan sunnat ,maka pahalanya seolah -olah ia melakukan amalan fardhu pada bulan -bulan yang lain . Dan barangsiapa melakukan amalan fardhu pada bulan ini ,maka ia akan di balas dengan pahala seolah -olah telah melakukan tujuh puluh amalan fardhu pada bulan -bulan yang lain . Inilah bulan yang kesabaran dan ganajaran bagi kesabaran yang sejati adalah surga , bulan ini adalah juga bulan simpati terhadap sesama . Pada bulan ini lah rezeki orang -orang beriman di tambah . Barang siapa memberi makan (untuk berbuka shaum) kepada orang shaum maka kepadanya akan di balas dengan keampunan terhadap dosa-dosa nya dan di bebas kan dari api neraka jahanam dan dia juga memperoleh ganjaran yang sama sebagaimana orang yang shaum tadi tanpa sedikitpun mengurangi pahala orang yang shaum itu.
kami pun berkata: Ya Rosullallah ! tidak semua orang di antara kami mempunyai sesuatu yang dapat di berikan kepada orang yang shaum untuk berbuka .
Rosulallah menjawab : Allah akan mengaruniakan balasan ini kepada seorang yang memberi buka walaupun hanya dengan sebiji kurma ,atau seteguk air, atau seisap susu, ini lah bulan yang pada sepuluh hari pertamanya Allah menurun kan rahmat , sepuluh hari pertengah nya Allah memberikan ampunan ,dan pada sepuluh hari teakhir Allah membebaskan hamba sahayanya dari api neraka jahannam . Barang siapa yang meringan kan beban hamba sahaya pada bulan ini ,Makan Allah swt akan mengampuninya dan membebaskan nya dari api neraka. Perbanyaklah bulan ini empat perkara , dua perkara dapat mendatangkan keridhoan robb mu dan yang dua lagi kamu pasti memperlukannya .
Dua perkara yang dapat mendatangkan keridhoan Allah yaitu:
hendaknya kalian membaca kalimah thoyibah dan istighfar sebanyak -banyak nya.
Dan dua perkara yang kita pasti memperlukan nya yaitu:
hendaknya kamu memohon kepadanya untuk masuk surga dan berlindung kepada-Nya dari api neraka jahannam .
Barang siapa memberi minum kepada orang yang shaum (untuk berbuka) ,maka Allah akan memberinya minum dari telagaku (haudh) yang sekali minum saja tidak akan merasakan dahaga lagi sehingga dia memasuki surga .
( Hr ibnu khuzaimah dalam shohihnya )

Ini saya kutip dari kitab ta'lim FADHILAH AMAL dalam mengenai fadhilah ramadhan hadist pertama , semoga bermanfaat salam ukhuah
buku fadhilah amal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar