Minggu, 11 Oktober 2009

Kala ruh berpisah dari jasad

Rasullullah bersabda, 'Hai Aisyah, sesungguhnya saat yang paling berat(menyedihkan) bagi jenazah adalah saat masuknya orang yang memandikan jenazah ke dalam rumahnya untuk memandikan nya.Mereka mengeluarkan cincin pemuda itu dari jari-jarinya ,melepaskan pakaian pengantin dari badannya dan melepas para sorban para syekh daab fuqaha' (ahli fiqih ) dari kepalanya untuk memandikannya.Ketika itu ruhnya memanggil (berseru ) saat melihat jasadnya telanjang dngn suara yang dapat diidengar oleh seluruh makluk kecuali jin dan manusia.'

Jenazah itu akan berkata 'Hai orang orang yang memandikan!Demi Allah aku memohon padamu agar engkau mencopot pakaian ku dngn pelan2 karena sesungguhnya saat ini aku sedang istirahat dari sakitnya pencabutan Malaikat Maut'

Dan,kata rasul, ketika air dituangkan kpd nya dia menjerit dan berseru lagi 'Hai orang yng memandikan !Demi Allah ,jangan engkau tuangkan air panas,jangan dngn air dingin ,sesungguhnya jasadku telah terbakar sebab dicabut nya nyawaku'/

DAN KETIKA DImandikan ,lanjut rasul dia akan menseru lagi dengan kencang 'Demi Allah ,hai orang yang memandikan ,jangan lah engkau pegang diriku terlalu kuat padahal sesunguh nya jasadku terluka akibat keluarnya nyawa dari jasadku.
Ketika selesai memandikan dan diletakkan nya pada kain kafan dan diikat dibawah kakinya,ruh itu berseru 'DEMI Allah ,hai orang yang memandikan jangan engkau ikat erat erat kafan diatas kepalaku agar terlihat wajah keluargaku ,anak anakku,dan kerabat kerabatku karena saat ini adalah yng trakhir aku melihat mereka, hari ini aku akan berpisah dengan mereka dan aku tidak bisa melihat mereka lagi sampai hari kiamat.

Ketika mayit akan dikeluarkan dari rumah,maka ruh tersebut berseru dengan lantang ' Demi Allah ,hai jamaah pengantarku jangan tergesa gesa membawaku sehingga aku berpamitan dengan rumah ku,keluargaku,kerabatku dan hartaku"

Kemudian orang yng sudah meninggal itu kan berseru lagi 'Demi Allah ,hai jamahku,aku tinggalkan istriku menjadi janda,dan aku tinggalkan anak ku menjadi yatim maka jangan lah kalian menyakitinya,karena hari ini aku keluar dari rumahku dan tidak akan kembali selamanya'.

Ketika mayit diletakkan didalam kerenda,ruh yang sudah terlepas dari jasadnya berkata 'Demi Allah ,hai jamaah pengantarku jangan tergesa gesa membawaku hingga aku mendengar suara keluargaku ,anak anaku,dan para kerabatku karena hari ini aku berpisah dengan mereka sampai hari kiamat'.

Ketika mayit dipikul dan melangkah dari rumah 3 langkan,ruh itu berseru dengan suara yang dapat didengar semua makluk kecuali jin dan manusia.Ia berkata ' Hai para kekasihku,hai saudara2ku hai anak2ku jangan sampai kamu terbujuk oleh dunia sebagaimana dia telah membujukku dan jangan sampai kalian dipermainkan oleh zaman sebagaimana dia mempermainkan aku dan ambillah hikmah dariku.Sesungguhnya aku meninggalkan apa yang aku kumpulkan untuk ahli waris ku,dan aku tidak membawa sesuatu apapun dan atas dunia dimana Allah menghizabku sedangkan engkau bersenang senang dengannya dan engkau tidak mendoakan ku.

Ketika jamaah mensholati mayit dan sebagian ahli keluarga dan kerabatnya meninggallkan mushola,ia berkata 'Demi Allah,hai saudara2ku,sesungguhnya aku tahu bahwa mayit akan dilupakan oleh orang yang hidup akan tetapi jangan lupa jangan cepat2 pulang sebelum engkau menguburku hingga engkau melihat tempatku.hAI saudara2ku sesungguhnya aku tahu bahwa mayit lebih dingin dari aair yang dingin (zamharir) dalam hati orang orang yang hidup akan tetapi jangan cepat cepat pulang'.

Ketika mereka meletakkan mayit disisi kubur ,ia berkata lagi 'Demi ALLAH HAI jamaah ku dan saudara saudaraku sesungguh nya aku mendoakan mu semua,akan tetapi engkau tidak mau mendoakan aku'. Lalu ketika mayit diletakkan kedalam liang lahat ia berkata ' Demi ALLAH hai ahli warisku tidak aku kumpulkan harta yang banyak dari dunia kecuali aku tinggal kan untuk kalian,maka ingatlah kalian kepadaku dengan banyak berbuat kebajikan.Dan aku telah mengajarkan kalian al-qur'an dan tata krama ,maka jangan lah kalian lupa mendoakanku'.

Semua orang pasti akan mengalami penderitaan orang yang meninggal dunia.Sebab Allah telah menggariskannya.

'Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati.Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya).Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan. (QS.Al-Anbiya :35)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar